Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Profil

Profil

Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) STAI Darul Ulum Kandangan adalah sebuah lembaga yang berfungsi merencanakan dan melaksanakan penjaminan mutu perguruan tinggi dan pengawasan internal bidang akademik dan non-akademik di lingkup STAI Darul Ulum Kandangan Kalimantan Selatan.

Visi

Menjadi pelopor budaya mutu menuju Sekolah Tinggi Agama Islam terdepan dan kompetitif di Kalimantan Selatan Tahun 2025

Misi

Mengembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal yang berkarakter, integral, dan berkesinambungan di lingkungan STAI Darul Ulum Kandangan

Motto

Terdepan karena Mutu, Kompetitif bersama Mutu

Sejarah

Dunia pendidikan tinggi Indonesia memasuki babak sejarah baru dengan ditetapkannya Sistem Pendidikan Nasional melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Di antara babakan baru tersebut, adanya pengakuan yang sama oleh pemerintah antara perguruan tinggi umum dan perguruan tinggi keagamaan, atau antara perguruan tinggi milik pemerintah dan perguruan tinggi milik masyarakat, yang dalam hal ini termasuk Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Ulum Kandangan Kalimantan Selatan.

Pengakuan pemerintah terhadap eksistensi seluruh perguruan tinggi dibuktikan dengan pemberian kesempatan yang sama untuk mendapatkan penilaian mutu melalui proses akreditasi. Di sini, tuntutan akreditasi perguruan tinggi berimplikasi adanya kewajiban melaksanakan penjaminan mutu internal di masing-masing institusi, tidak terkecuali STAI Darul Ulum Kandangan. Oleh karena itu, sejak diwajibkannya akreditasi program studi dan institusi yang dicanangkan sebagai tindak lanjut pemberlakuan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, STAI Darul Ulum Kandangan senantiasa berupaya meningkatkan mutu pendidikan tinggi baik yang bersifat akademik maupun non akademik.

Pada tahun 2010, Lembaga Penjaminan Mutu STAI Darul Ulum Kandangan dibentuk dengan tugas khusus melakukan kajian evaluasi sekaligus penataan perangkat Sistem Penjaminan Mutu Internal. Untuk melaksanakan tugas tersebut, Ketua LPM Periode 2010-2015 dijabat oleh Drs. H. Taufikurrahman, M.Ag. dan Diny Mahdany, S.H.I., M.Pd.I. sebagai sekretaris.

Menghadapi reakreditasi program studi dan institusi tahun 2015, LPM Periode 2010-2015 mengalami restrukturisasi pada tahun 2014. Akhmad Saihu, S.Ag., M.Pd.I. ditetapkan sebagai Ketua dan Hasnan Fauzan, M.Pd.I. sebagai sekretaris. Di masa ini, LPM masih berfungsi sebagai satuan penjaminan mutu internal STAI Darul Ulum Kandangan. Adapun untuk menjalankan pengawasan akademik dan non akademik, dibentuklah Badan Pengawas Internal (BPI).

Memasuki periode 2015-2020, Ketua LPM dijabat oleh Ahmad Harisuddin, S.Th.I., M.Pd.I. dan Akhmad Zaki Yamani, S.H.I. sebagai Sekretaris. Dalam periode ini, LPM diarahkan untuk memperkuat dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal dan mekanisme penjaminan mutu internal di lingkungan STAI Darul Ulum Kandangan.

Pada bulan September 2016, terjadi peleburan antara BPI dan LPM. Dihapuskannya nomenklatur BPI dalam struktur organisasi STAI Darul Ulum Kandangan bukan berarti menghapuskan eksistensinya sebagai satuan pengawasan internal. Hanya saja, mengingat STAI Darul Ulum Kandangan bukanlah perguruan tinggi pemerintah yang bersifat Badan Layanan Umum, maka fungsi pengawasan internalnya dianggap tidak seketat perguruan tinggi dimaksud. Oleh karena itu, fungsi pengawasan internal yang dahulu dijalankan oleh BPI sekarang melekat dalam struktur LPM.

Secara struktural, LPM membentuk dua pusat yang berfungsi sebagai satuan kerja pelaksana penjaminan mutu dan pengawasan internal STAI Darul Ulum Kandangan, masing-masing Pusat Pengembangan Standar Mutu (PPSM) yang dikepalai oleh Akhmad Zaki Yamani, S.H.I. dan Pusat Audit dan Pengendalian Mutu (PAPM) yang dikepalai oleh Dr. Diny Mahdany, M.Pd.I.